Kamis, 19 Januari 2012

TULANG RAWAN

TULANG RAWAN

Tulang rawan adalah bagian penting dari mahluk hidup. Tulang rawan mempunyai banyak fungsi. Tulang rawan mendukung tubuh dan melindungi organ dalam. Ilmuwan mengelompokan tulang rawan menjadi tiga macam. Mereka adalah kartilago hialin, kartilago fibrosa dan kartilago elastis.
Kartilago hialain mempunyai matrik transparan. Kartilago hialin terdiri dari banyak serabut kolagen. Kartilago hialin juga terdiri atas lacuna, kapsula dan sel kondrosit. Lacuna adalah tempat sel kondrosit. Kapsula mengelilingi lacuna pada sel kondrosit. Kartilago hialin terdapat pada trachea dan bronkhia.
Kartilago fibrosa mempunyai matrik gelap. Kartilago fibrosa juga terdiri dari lacuna dan kapsula. Kartilago fibrosa mempunyai sebuah nucleus kondrosit. Nucleus kondrosit adalah pusat dari sel kondrosit. Kartilago fibrosa terdapat pada discus intervertebralis.
Kartilago elastis berbeda dengan kartilago fibrosa. Kartilago elastis mempunyai matrik keruh. Kartilago elastis terdiri dari banyak serabut elastis. Kartilago elastis juga mempunyai perikondrium. Kartilago elastis terdapat pada auricular dan epiglottis.
Tiga jenis tulang rawan terdiri atas glikosaminoglikan dan proteoglikans. Mereka juga mempunyai matrik territorial dan matrik interteritorial. Mereka tidak mempunyai system peredaran darah. Mereka tidak dapat meproduksi osteosit.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Indahnya Berbagi
Tambah Yuk
Widget by IB | Template Design

Artikel Terkait:

Widget by:IB | Template Design

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mengenai Saya

Foto Saya
Agung Supriyanto
Imajinasi adalah penguasa dunia
Lihat profil lengkapku

Daftar Blog Saya

Pengikut

© 2009 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Designed by Amatullah |Template Design