Kamis, 19 Januari 2012

JARINGAN OTOT

JARINGAN OTOT

Jaringan otot adalah bagian penting dari mahluk hidup. Jaringan otot berisi protein kontraktil. Jaringan otot membantu membuat gerakan diantara organ tertentu. Ilmuwan membagi jaringan otot kedalam tiga macam. Jaringan tersebut adalah otot polos, otot lurik dan otot jantung.
Otot polos mempunyai bentuk fusi atau oval silindris. Otot polos terdiri dari myofilamen, sarkoplasma dan sarkolema. Myofilamen adalah benang-benang halus di dalam otot polos. Sarkoplasma mengelilingi nucleus pada sel otot polos. Sarkolema melindungi sel otot polos. Otot polos juga mempunyai nucleus. Otot polos bekerja dengan lambat.
Otot lurik mempunyai bentuk bulat dan silindris. Otot lurik terdiri dari myofibril, sarkolema dan sarkoplasma. Otot lurik juga mempunyai diskus anisotrop dan diskus isotrop. Diskus anisotrop adalah garis gelap pada otot lurik dan diskus isotrop adalah garis terang pada otot lurik. Otot lurik mempunyai banyak nucleus. Otot ini bekerja cepat.
Otot jantung hanya mempunyai satu nucleus. Otot ini juga mempunyai diskus interkalaris dan anasthomose. Diskus interkalaris adalah komplek tautan diantara sel otot jantung. Anasthomose terdiri atas fibroblast dan kapiler darah. Otot jantung bekerja ritmis dan kontinue.
Tiga macam jaringan otot menunjukan potensi berbeda untuk regenerasi setelah dewasa. Otot polos memberikan respon regenerasi aktif. Otot lurik hanya menunjukan respon regenerasi pasif dan otot jantung tidak dapat melakukan regenerasi setelah dewasa.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Indahnya Berbagi
Tambah Yuk
Widget by IB | Template Design

Artikel Terkait:

Widget by:IB | Template Design

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mengenai Saya

Foto Saya
Agung Supriyanto
Imajinasi adalah penguasa dunia
Lihat profil lengkapku

Daftar Blog Saya

Pengikut

© 2009 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Designed by Amatullah |Template Design