Selasa, 17 Januari 2012

RPP terbaru biologi kelas sepuluh semester II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA N 7 TOROH
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ II
Standar Kompetensi : 3.Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
Kompetensi Dasar : 3.1Mendiskripsikan konsep keaneka ragaman gen, jenis, dan ekosistem, melalui kegiatan pengamatan.
Alokasi Waktu : 2x 45’

Indikator
1.Kognitif
a.Produk
Siswa mampu :
1)Mendeskripsikan adanya gejala keanekaragaman hayati
2)Menyimpulkan pengertian keakaragaman hayati
3)Menentukan tingkat keanekaragamanhayati berdasarkan hasil pengamatan

b.Proses
1)Mengamati adanya gejala Keanekaragaman hayati di lingkungan
2)Mendiskusikan keanekaragaman pada tingkat gen, spesies, dan ekosistem
3)Mengamati keanekaragaman spesies hewan dan tumbuhan

2.Psikomotorik

3.Afektif

c.Karakter
Disiplin, Teliti, Tekun, Berfikir kritis, Saling menghargai, Kerjasama, Mandiri, Tanggung jawab

d.Ketrampilan sosial
1)Mengembangkan sikap saling menghormati dan menghargai terhadap pendapat orang lain, dan memupuk sikap gotong-royong/kerja sama dalam diri siswa dalam menyelesaikan pekerjaan
2)Selama proses pembelajaran menunjukkan ketrampilan sosial seperti : bertanya, kerjasama, berkomunikasi dengan sopan, dan dapat menyumbangkan ide atau gagasan

A.Tujuan Pembelajaran
1.Kognitif
a.Produk
Setelah melakukan pengamatan :
1)Siswa mampu menjelaskan adanya gejala keanekaragaman hayati yang ada di lingkungan
2)Siswa mampu membedakan keanekaragaman hayati dari tingkat gen, spesies, hingga ekosistem
3)Siswa mampu menyebutkan ciri spesifik keanekaragaman hayati dari tingkat gen, spesies, hingga ekosistem
4)Siswa mampu menyebutkan contoh keanekaragaman hewan dan tumbuhan
5)Siswa mampu mempresentasikan hasil pengamatan
6)Siswa mampu menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati

b.Proses
1)Melalui pengamatan keanekaragaman hayati di lingkungan sekolah, siswa dapat menyebutkan 5 contoh keanekaragaman hayati dari tingkat gen, spesies, hingga ekosistem

2.Psikomotorik

3.Afektif
a.Karakter
Teliti, disiplin, tekun, Berfikir kritis, Saling menghargai, Kerjasama, Mandiri, Tanggung jawab

b.Ketrampilan sosial
1)Siswa bisa menghargai pendapat teman ketika dilakukan diskusi
2)Siswa akan mengerti betapa pentingnya menjaga kelestarian alam dan menghargai hal-hal kecil yang ada di alam

B. Materi
1. Pengertian keanekaragaman hayati pada tingkat gen, spesies, dan ekosistem
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati

C.Alat dan Bahan
1.Alat : LCD Proyektor, Komputer, Slide, Alat tulis
2.Bahan : Buku Kerja Biologi 1A.Ign Khristiyono P.S.Esis, Buku Biologi X. Dyah aryulina dkk.Esis.BAB VII

D.Metode Pembelajaran
1.Pendekatan : Pendekatan konstektual
2.Metode : Praktek, diskusi kelompok, dan Persentasi

E.Langkah-langkah Kegiatan

a.Pendahuluan
Pertama guru membuka pelajaran dengan berdoa menurut keyakinan dan kepercayaan masing-masing, kemudian guru memperkenalkan diri dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar. Dan guru Memotivasi peserta didik, dengan meminta peserta didik untuk mengamati keanekaragaman rambut peserta didik yang ada di kelas. (10’)

b.Pengelolaan
1.Ekplorasi
Setelah guru malakukan pembukaan pelajaran dan perkenalan, kemudian siswa diminta untuk membuat kelompok yang terdiri dari 4 orang per kelompok dari 40 siswa. Jika pembentukan kelompok sudah selesai, siswa diminta menuju kelingkungan sekolah untuk melakukan pengamatan.(10’)

2.Elaborasi
Setelah siswa sudah berada di lingkungan, guru menjelaskan cara kerja praktikum.(10’) Kemudian siswa diminta untuk mengamati keanekaragaman tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekolah.(15’) Pada waktu jalannya praktikum guru mengawasi dan membimbing siswa untuk melakukan pengamatan. Dan tidak lupa guru juga menilai keaktifan siswa dan kerja sama kelompok.( lampiran penilaian1) Setelah praktikum selesai siswa diminta melakukan diskusi kelompok untuk persiapan persentasi.(15’) Kemudian siswa diminta mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara acak dengan hompimpah.(20’)

3.Konfirmasi
Guru memberi kesimpulan tentang keanekaragaman hayati dan memberi penegasan terhadap hasil pembelajaran (10’)

Kegiatan Penutup
•Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
•Siswa diminta membuat laporan praktikum di rumah secara individu

F.Sumber Belajar
1.Buku Kerja Biologi 1A.Ign Khristiyono P.S.Esis,
2.Buku Biologi X. Dyah aryulina dkk.Esis.BAB VII
3.Buku referensi yang relevan
4.Materi dari browsing di Internet

G. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
Tes tertulis
Keaktifan siswa
Kerja sama kelompok

b.Bentuk Instrumen:
Tes PG
Tes uraian

c.Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG

- Contoh keanekaragaman tingkat gen yaitu beras dengan …
a. gandum c. kentang e. umbi
b. ketan d. jagung


- Contoh tes uraian
Sebutkan 5 contoh dari keanekaragaman hayati dari tingkat gen, spesies, dan ekosistem!

...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran




......................... ..............................
NIP. NIP.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Indahnya Berbagi
Tambah Yuk
Widget by IB | Template Design

Artikel Terkait:

Widget by:IB | Template Design

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mengenai Saya

Foto Saya
Agung Supriyanto
Imajinasi adalah penguasa dunia
Lihat profil lengkapku

Daftar Blog Saya

Pengikut

© 2009 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Designed by Amatullah |Template Design